Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan paling penting. Pada masa kanak-kanak tersebut seluruh asupan gizi akan diproses untuk menunjang tumbuh kembang organ tubuh dan sistem saraf nya. Oleh sebab itu, wajib bagi orangtua untuk memperhatikan jumlah asupan gizi dan menu makanan sehat bagi sang buah hati, meski penting bagi anak untuk banyak mengkonsumsi menu makanan sehat, namun yang sering terjadi kadang sebaliknya. Si kecil malah seringkali susah makan krn mereka lebih suka makan makanan yang kurang baik bagi kesehatannya, seperti jajanan pinggir jalan, junk food dan produk makanan kemasan. Dengan alasan rasa nya lebih lezat dibanding memakan makanan yg sehat seperti sayur, buah dan ikan.

Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi orang tua, karena makanan sehat sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak. Sehingga, orang tua perlu berkreasi supaya anak – anak tetap mau makan dengan menu makanan sehat untuk anak. Tujuannya supaya anak-anak tetap mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya melalui cemilan sehat untuk anak supaya anak tetap makan dengan lahap dan kebutuhan gizi hariannya tercukupi.

Beberapa hal yg perlu Ibu perhatikan dalam mengkreasikan resep makanan untuk anak adalah :

Pilih Bahan Makanan yang Berkualitas

Bahan makanan yang berkualitas biasanya memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bebas dari zat aditif yang berbahaya. Jika memiliki budget berlebih, tak ada salahnya untuk membeli bahan makanan organik atau kaldu instan organik. Dengan begitu, Ibu dapat berkreasi membuat aneka hidangan lezat nan bergizi bagi si buah hati. Untuk urusan sumber energi, Ibu bisa memilih penggunaan margarin. Margarin memiliki keunggulan yang lebih baik dari mentega karena terbuat dari lemak nabati yang sehat dan bebas lemak jenuh.

Kebab frozen dari Super Duper Kebab bisa menjadi salah satu menu pilihan untuk si Kecil, krn selain terbuat dari bahan bahan pilihan berkualitas, bebas MSG dan bebas bahan pengawet, Kebab Frozen ini jg terdiri dr sayur,daging maupun ikan yg diracik dengan bumbu khas yg pastinya anak-anak akan suka.

Buatlah Perencanaan Menu Makanan Anak

Bila Ibu sedang memiliki waktu senggang, Ibu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat perencanaan menu makanan anak untuk waktu 1 minggu, 2 minggu, atau 1 bulan. Perencanaan tersebut akan mempermudah Ibu untuk mendapatkan ide kreasi resep makanan apa saja yang akan Ibu buat untuk buah hati setiap hari.

Siasati Pemilihan Bahan Makanan yang Tak Disukai Anak

Si kecil tak suka makan sayur brokoli dan lebih menyukai ayam? Ibu bs mensiasatinya dengan membuat dada ayam isi brokoli. Cara-cara seperti itu harus dipraktikkan untuk menyiasati bahan-bahan makanan yang tidak disukai si buah hati. Dengan begitu, si buah hati akan lahap memakan ayam dan tidak terlalu mempersoalkan brokoli yang ada dalam ayam tersebut. Ibu juga dapat melakukan nya untuk bahan makanan lain, seperti menambahkan sayur ke dalam saus pasta favorit anak atau menggunakan aneka buah-buahan untuk membuat salad yang segar. Ibu juga bisa memilih Kebab Chicken dari Super Duper Kebab yang terbuat dari daging ayam pilihan serta sayuran segar.

Jika Ibu cerdas dalam mengkreasikan resep makanan anak, maka kebutuhan gizi anak akan tercukupi dan mereka juga akan makan dengan lahapnya. Sehingga Ibu pun tak perlu lagi khawatir dengan gizi anak karena kini mereka akan lebih senang makan di rumah.

Ibu cerdas dan kreatif, akan membuat sang anak pun tumbuh sehat dan cerdas. Selamat berkreasi, Bu!

(Visited 352 times, 1 visits today)
Our Score
Our Reader Score
Average: 0]